Masjid Raya Syuhada Kubah Enamel

Masjid Raya Syuhada Kubah Enamel

Produsen Kubah Masjid Enamel Call/WA 082323546991 (Harbian Ariono) untuk info produsen kubah masjid berpengalaman

Masjid Raya Syuhada Kubah Enamel – Sulawesi Barat merupakan provinsi termuda di kawasan Indonesia Timur, hasil pemekaran dari Provinsi Sulawesi Selatan pada tahun 2004. Karena itu, pembangunan infrastruktur tentu menjadi target awal. Salah satunya adalah membangun sarana peribadahan yang layak.

Sejak 1996 sebenarnya masyarakat Mamuju telah memiliki masjid agung yang diberi nama Masjid Agung Mamuju. Pada 2006, namanya diubah menjadi Masjid Raya Syuhada seiring proses renovasi total untuk membangun masjid yang lebih representatif.

Masjid raya syuhada Inspirasi yang menjadi dasar pembentukan model bangunan adalah gaya bangunan Turki dan Nusantara. Empat menara yang menjulang tinggi dan diletakkan sebagai sudut bangunan utama mengingatkan pada model bangunan bergaya Turki Usmani. Model ini mirip Masjid Sultan Ahmed di Istanbul, Turki.

Bangunan juga tampil cukup mencolok dengan permainan beraneka warna. Di sisi sayap masjid terdapat aksen hias yang terlihat seperti kerawang berwarna hijau cerah, diapit oleh batu alam dengan kombinasi warna krem dan hitam.

Di antara sayap dan bagian tengah masjid terpasang hiasan kaca patri beraneka warna. Selain memberi keindahan di luar bangunan, kaca ini juga berfungsi sebagai pencahayaan di dalam ruang.

Merepresentasikan tujuh lapis langit dan tujuh lapis bumi desain Kubah masjid berjumlah tujuh buah. Tertera 25 nama nabi dan rasul di bawah kubah induk. Nama-nama ini dibuat dari bahan kaca patri. Untuk menuju ruang ibadah utama, pengunjung harus menaiki tangga yang dilingkup oleh relung tembok. Masjid memiliki 33 anak tangga di tiga penjurunya anak tangga tersebut memberi makna jumlah tasbih.

Empat menara yang melengkapi masjid ini merupakan simbol empat proses kehidupan manusia. Di ujung menara terdapat simbol bulan sabit yang merupakan makna tangan-tangan yang berdoa. Sementara itu tinggi menara 50 meter merup. perlambang jumlah waktu shalat yang diperintahkan Allah Swt. kepadah1 Nabi Muhammad Saw, yang akhirnya menjadi lima waktu.

Masjid Raya Syuhada Kubah Enamel Keistimewaan masjid kebanggaan masyarakat Mamuju ini adalah kaligrafi yang terbuat dari emaas bertuliskan lafaz Allah dan Muhammad. Kaligrafi ini diletakkan di bagian arat mihrab.

 

Plugin Developed By FantasticPlugins