Masjid Agung Jawa Tengah Kubah Enamel

Masjid Agung Jawa Tengah Kubah Enamel

Masjid Agung Jawa Tengah

Merupakan masjid agung terbesar dan terluas di jawa tengah yang sekaligus menjadi icon di provinsi tersebut. Masjid ini juga termasuk masjid terbesar di Indonesia.

Kemegahan masjid ini diresmikan oleh presiden RI periode 2004-2009, Susilo Bambang Yudhoyono dengan menandatangani prasasti yang terbuat dari batu alam setinggi 3,2 meter dan berat 7,8 ton.

Dari masjid ini terdapat 3 arsitektur yang menjadi ciri khas dari masjid agung jawa tengah, yang pertama adalah arsitektur jawa yang bisa kita lihat dari bentuk atap kubah yang berbentuk limas dan dasar tiang masjid bermotif batik seperti tumpal, untu walang, kawung dan parang-parang. Kedua, Arsitektur Arab yang bisa dilihat dari kubah puncak masjid yang dihiasi kaligrafi. Dan yang ketiga yaitu arsitektur roma-yunani yang terlihat pada desain interior dan pewarnaan sudut-sudut bangunan.

Payung Hidrolis Masjid

Salah satu ciri khas masjid ini adalah enam buah payung hidrolik raksasa yang berada di teras masjid. Payung tersebut dapat membuka dan menutup secara otomatis seperti halnya di Masjid Nabawi.

Payung ini memiliki tinggi masing-masing sekitar 20 meter dengan bentangan 14 meter dan mempunyai fungsi sebagai atap kala jumlah jamaah tengah meluap.

Masjid agung ini juga memiliki keistimewaan pada menara masjidnya yaitu menara Asma’ul husna setinggi 99 meter. Menara ini terletak di pojok barat daya masjid dan bisa dilihat hingga radius 5 kilometer. Kenapa diberi nama Menara Asma’ul Husna, karena menara ini merupakan simbol kebesaran dan kemahakuasaan Allah SWT.

Menara masjid agung ini juga difungsikan sebagai destinasi wisata religi. Selain udara yang segar, di atas menara ini juga ada sebuah teropong yang memanjakan pengunjung, sehingga mereka dapat menikmati keindahan pemandangan di Jawa Tengah, misalnya seperti pelabuhan tanjung Emas di Semarang.

Selain sebagai tempat ibadah, masjid agung jawa tengah ini juga difungsikan sebagai tempat wisata religi. Banyaknya pengunjung memberikan dampak yang nyata terhadap perkembangan ekonomi masyarakat sekitar.